var blog = document.location.hostname; var slug = document.location.pathname; var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(".")); if (ctld != ".com") { var ncr = "https://" + blog.substr(0, blog.indexOf(".")); ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug; window.location.replace(ncr); }; 11 Manfaat Penting Dari Menulis di Blog -->

11 Manfaat Penting Dari Menulis di Blog


Image by Pixabay Menulis adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, ini bisa Anda rasakan jika Anda mempunyai sebuah blog. Blog adalah te...
 Tips dan Langkah Menjadi Seorang Blogger Yang Sukses
 SEO Bukan Prioritas Utama Dalam Menulis Blog
 Bagaimana Blog Yang Disukai Banyak Pengunjung ?
Menulis adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, ini bisa Anda rasakan jika Anda mempunyai sebuah blog. Blog adalah tempat yang sangat sesuai bagi Anda untuk menulis pada zaman sekarang. Menjadi jurnalis yang profesional memang sangat sulit, tetapi Anda bisa menjadi penulis yang baik di blog Anda. Ada beberapa hal yang Anda dapatkan dari menulis di blog :

1. Ungkapan pikiran dan perasaan
Blog adalah media untuk menulis apapun tentang apa yang Anda pikirankan dan rasakan. Dulu, mungkin Anda akan menulis tentang perasaan Anda di buku diary harian. Tetapi, saat ini blog bisa lebih efektif untuk menulis tentang pikiran dan perasaan Anda, dan membiarkan orang lain mengerti bagaimana perasaan Anda. 

2. Curhat
Luapan perasan yang tidak tersampaikan akan menjadi beban di pikiran, Anda membutuhkan seseorang untuk mendengar tentang kisah Anda. Meskipun dia tidak bisa membantu, setidaknya dia bisa mengerti tentang perasaan Anda. Begitu juga dengan blog, Anda bisa menulis tentang kisah dan masalah Anda dan biarkan orang lain mengerti. Anda akan merasa lega ketika seseorang membaca tulisan Anda tentunya.

3. Menyampaikan ide, pendapat, kritik, dan saran
Tentu, Anda memiliki banyak ide, pendapat, kritik, dan saran tentang hal-hal di dalam kehidupan Anda, misalnya tentang politik dan pemerintahan. Anda bisa memberikan ide, kritik, dan saran Anda tentang bagaimana seharusnya sikap pemerintah kepada rakyat, dan hal lainnya. Anda juga bisa bergabung dalam forum diskusi di beberapa blog untuk menyampaikan ide, kritik, dan saran Anda.

4. Pendidikan dan pengajaran
Seorang guru tidak hanya orang yang mengajarkan ilmu kepada Anda di pendidikan formal dan nonformal, blog juga bisa memiliki peran yang sama. Anda bisa mengajarkan tentang ilmu matematika, ilmu agama, tutorial-tutorial, dan bidang ilmu lainnya kepada para pengunjung. Blog menjadi tempat efektif untuk menyebarkan pengetahuan yang Anda miliki kepada orang lain.

5. Pembelajaran yang efektif
Seorang guru bisa menjadi orang yang profesional dan pandai dalam bidang ilmu tertentu bukan karena belajar, tetapi karena mengajarkan. Artinya, guru belajar dan mendapatkan banyak ilmu dari mengajar. Begitu juga dengan blog, Anda memberikan informasi dan pengetahuan kepada pengunjung, berarti Anda mengukir pengetahuan dan informasi itu sendiri ke dalam hati Anda. Kesimpulannya, tulisan Anda sendiri bukan hanya bisa memberikan pembelajaran bagi orang lain, tetapi juga bagi diri Anda sendiri.

6. Motivasi
Tahukan Anda bahwa sangat banyak sekali orang di dunia yang memiliki low motivasi dan mudah menyerah. Anda bisa membantu mereka untuk memberikan semangat dan motivasi dengan tulisan Anda. Anda bisa menulis tentang tips, kisah-kisah teladan, puisi-puisi motivasi dan lain sebagianya untuk membantu mereka. Dan secara otomatis, Anda juga akan termotivasi oleh tulisan Anda sendiri.

7. Inspirasi
Setiap kali Anda menulis, Anda akan berpikir untuk menemukan ide baru. Dan terkadang, tanpa sengaja Anda menemukan sebuah ide cemerlang dari tulisan Anda sendiri, dan itu bisa Anda terapkan bagi diri Anda. Menulis di blog menjadi inspirasi bagi Anda sebagai penulis dan bagi pengunjung sebagai pembaca.

8. Informasi
Informasi adalah kebutuhan penting untuk mengenal secara detail tentang kabar dunia. Sesuai perkembangan zaman, internet adalah salah satu sumber utama untuk mendapatkan informasi. Menulis di blog berarti memberikan informasi kepada pengunjung tentang banyak hal, baik informasi tentang pengetahuan, kabar terkini, dan informasi penting lainnya.

9. Menciptakan Komunikasi
Percayalah bahwa pengunjung ingin mendapatkan informasi dari blog Anda, sehingga ini akan menciptakan sebuah ruang komunikasi di blog Anda antara Anda dan pengunjung.

10. Doktrin dan penyebaran keyakinan agama
Blog tidak hanya terbatas pada hal-hal tentang dunia, tetapi Anda juga bisa mengabdikan diri Anda pada agama melalui sebuah blog. Misalnya, jika Anda tidak bisa menjadi seorang ustadz atau kyai, maka Anda bisa menyebarkan keyakinan tentang islam melalui tulisan Anda di blog. Banyak tulisan blog tentang topik agama yang memang diniati untuk pengabdian kepada agama dan menyebarkan keyakinan dan ajaran.

11. Penghasilan online
Internet mempunyai banyak fungsi yang bersifat memudahkan manusia di dalam kehidupan mereka, termasuk di bidang penghasilan online. Anda juga bisa melakukan ini di blog Anda, dan tentu Anda akan sangat bangga mendapatkan penghasilan online dari tulisan blog Anda. Banyak orang-orang yang sukses meraih jutaan bahkan milyaran uang dari blog setiap bulan. Inilah salah satu alsan mengapa blog bisa bertahan dan berkembang sampai saat ini. Baca selengkapnya di Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog ?.
loading...